--> Skip to main content

Proposal Permohonan Pembangunan Jaringan Irigasi

Pengairan yang baik merupakan tulang punggung petani dalam pencapaian keberhasilan berusaha tani, sebagaimana juga untuk petani yang terorganisasi dalam P3A Tiga Harapan Kampung Tanjung Tiga Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan dengan cara memanfaatkan dan menggali potensi yang ada serta memperhatikan aspek teknis yang selaras dengan alam dan pengolahan lahan terutama lahan sawah dengan tidak merusak lingkungan, serta mendorong terwujudnya pembangunan pertanian yang berkelanjutan. 

Untuk mewujudkan pertanian berkelanjutan pada lahan sawah dan tersedianya pangan terutama beras Pemerintah berupaya melalui peningkatan program pembangunan pertanian pada tahun 1984 pertama kali mencapai swassembada beras, dan bersyukur pada tahun 2008 swasembada beras dapat tercapai kembali. Hal ini jadi pendorong bagi petani untuk lebih intensif dalam mengembangkan dan membudidayakan padi dan tanaman holtikultura lainnya. Akan tetapi ada beberapa kendala yang dihadapi petani terutama dalam bidang pengairan, karena pada saat musim tanam tiba terkadang air tidak mencukupi kebutuhan seluruh petani yang membutuhkannya. 

Kontribusi pada petani pada pembangunan pertanian cukup besar karena posisi petani merupakan pelaku utama sebagai pengelola sektor pertanian secara luas. Tetapi tujuan pembangunan pertanian secara luas salah satunya untuk meningkatkan dan mempertahankan ketahanan pangan terutama ketersediaan beras sedikitnya mengalami kendala. Faktor penyebab yang terjadi hambatan terhadap lajunya program ketahanan pangan dan sangat besar pengaruhnya terhadap kegiatan pertanian diantaranya: 
  1. Semakin kurangnya debit air dan sumber mata air akibat gundulnya hutan 
  2. Sumber air untuk kebutuhan areal pertanian, sebagian kebutuhan rumah tangga, baik yang dikelola oleh perusahaan maupun oleh masyarakat. 
  3. Rusaknya kondisi jaringan irigasi yagn ada, karena sudah dimakan usia. 
  4. Belum adanya perbaikan jaringan irigasi yang ada. 
  5. Kurangnya modal masyarakat dalam pemeliharaan jaringan irigasi karena rusak. 

Dari perubahan tersebut dampak yang dirasakan khususnya oleh petani yang tergabung dalam kelompok P3A Tiga Harapan Dusun IV Sumber Sari Kampung Tanjung Tiga Kecamatan Rebang Tangkas adalah lahan hamparan sawah yang berpengairan cukup serta dapat ditanami setiap musim baik musim kemarau maupun musim penghujan. 



Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini: 


Terima Kasih Telah Berkunjung, Jangan Lupa Untuk Like Fanspage dan Share apabila Konten ini dirasa bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar