--> Skip to main content

Pengertian, Jenis dan Tujuan serta Cara Membuat Proposal

Kata Proposal merupakan suatu kata yang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat, terutama di lingkungan Pendidikan dan Pemerintahan. Banyak sekali kegiatan-kegiatan di Dunia Pemerintahan dan Pendidikan yang dalam proses penyelenggaraannya tidak lepas dari yang namanya Proposal. Lalu sebenarnya Apa itu Proposal? Apa jenis-jenis Proposal dan untuk apa tujuan dari Proposal serta bagaimana cara membuatnya?


Dalam Artikel ini saya akan mencoba mendefisinikan pengertian Proposal, Jenis-Jenis Proposal, Tujuan Pembuatan Proposal dan Cara membuat Proposal yang baik dan benar

Pengertian Proposal

Kata proposal berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Proposal adalah Rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Berikut ini pengertian proposal menurut pendapat para ahli:

  • Menurut Rieefky: Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
  • Menurut Hasnun Anwar: Proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  • Menurut Jay: Proposal adalah alat bantu menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
  • Menurut Hadi: Proposal adalah suatu usulan tersruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.
  • Menurut Keraf: Proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa proposal pada intinya merupakan Suatu Usulan dalam bentuk Rancangan Rencana Kegiatan Terstruktur sebagai Alat Bantu yang disusun dan dituangan dalam bentuk Tulisan yang merupakan suatu permintaan seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan tertentu.

Proposal juga bisa didefisinisikan secara singkat sebagai suatu Rancangan Rencana Kerja Suatu Kegiatan yang diajukan oleh Individu atau Kelompok suatu Lembaga kepada suatu badan yang bersifat pemberitahuan atau permohonan bantuan dalam bentuk Jasa atau Dana Bantuan.

Tujuan Proposal

Adapun tujuan pembuatan proposal pada umumnya adalah sebagai berikut:

  • Untuk Mengajukan Permohonan dan Mendapatkan Bantuan baik berupa Dana atau Dukungan
  • Untuk Mengajukan Izin dan Mendapatkan Bantuan atau Persetujuan melakukan suatu kegiatan atau penelitian.
  • Untuk Mengajukan Penerbitan dan Mendapatkan Sertifikat bagi suatu lembaga
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Jenis-Jenis Proposal

Jenis Proposal secara umum dibagi menjadi 2 yaitu Formal dan Non-Formal.  Namun Ada banyak jenis Proposal berdasarkan status pelaku pembuatan proposal yang pada umumnya adalah sebagai berikut:

  • Proposal Bisnis: Merupakan proposal yang dibuat oleh para pebisnis atau wirausahawan, seperti proposal izin pendirian badan usaha, tempat usaha dan lain-lain.
  • Proposal Proyek: Merupakan Proposal yang dibuat dalam bentuk rangkain rencana-rencana dalam suatu kegiatan usaha komersil, seperti Proposal Proyek Pembangunan suatu Kantor atau Minimarket.
  • Proposal Penelitian: Merupakan Proposal yang dibuat oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia Akademis atau perkuliahan. Seperti Proposal Tugas Akhir Skripsi, Proposal Karya Ilmiah dan penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa. 
  • Proposal Kegiatan: Merupakan Proposal yang umumnya dibuat oleh masyarakat dari berbagai kalangan bisa Individu atau lembaga. seperti Proposal Permohonan Bantuan Bibit Ikan, Proposal Permohonan Bantuan Pembangunan Jalan atau Jembatan, dll.
Cara Membuat Proposal

Dalam membuat sebuah proposal dibutuhkan persiapan yang didalamnya mencakup bagian-bagian dari Suatu Proposal yang terdiri dari rencana kegiatan dan apa saja yang ingin diajukan atau disampaikan.  berikut ini langkah-langkah untuk membuat proposal: 

1. Tentukan Topik Proposal

Membuat Proposal hampir sama dengan membuat makalah ataupun laporan, hal yang perlu ditentukan pertama kali adalah Topik Proposal, jadi apa rencana apa yang akan dilaksanakan atau disampaikan dalam sebuah Proposal yang menjadi pokok pembahasan atau target kegiatan yang akan dilakukan. Topik Proposal harus jelas, tidak mengada-ada dan menarik perhatian target agar disetujui. 

2. Tentukan Struktur Proposal

Dalam membuat Proposal yang harus diperhatikan adalah menentukan Struktur Proposal. Tujuannya agar isi dan cara penyampaikannya terstruktur, runtut dan enak dibaca sehingga tidak membingungkan target proposal. 

Sruktur proposal secara umum terdiri dari Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan, Manfaat Penulisan, Ruang Lingkup Pembahasan, Isi Proposal dan Penutup serta lampiran apabila diperlukan. Namun tidak semua proposal strukturnya sama, tergantung dari jenis proposal yang akan dibuat karena beda jenis proposal tentu saja trukturnya akan sedikit berbeda.

3. Buat Kerangka Proposal

Sebenarnya Kerangka Proposal hampir mirip dengan Struktur Proposal. Kerangka Proposal merupakan rangkaian rencana suatu kegiatan, seperti Rancangan Kegiatan, Rancana Kerja, Rancangan Penelitian, dll. Secara umum Urutan Kerangka Proposal terdiri dari Sampul, Latar belakang, Nama kegiatan, Tema, Tujuan kegiatan, Jenis kegiatan, Sarana promosi, Estimasi, Penutup Proposal. 

4. Objektifitas

Sebuah Proposal harus sesuai dan berdasarkan pada data dan fakta yang ada di lapangan, tidak boleh mengada-ngada harus masuk logika dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sebuah proposal yang dibuat tidak sesuai realita atau karangan akan menyulitkan pembuat sendiri dalam proses penulisan dan penyusunannya. 

5. Format Penulisan

Dalam Membuat Proposal harus menggunakan format penulisan yang baik dan benar sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan), menggunakan ejaan dan bahasa yang benar (formal) bukan bahasa-bahasa alay/bahasa gaul sehingga enak dibaca dan terkesan lebih sopan.

Contoh Proposal

Ada banyak contoh proposal, kalian bisa menemukan contoh-contoh proposal dengan mudah dengan cara searching google. Mulai dari Contoh Proposal Lengkap dan Contoh Proposal Singkat bisa kalian dapatkan sesuai dengan kata kunci pencarian yang kalian gunakan. Untuk Contoh-Contoh Proposal Pendidikan dan Pemerintahan dapat kalian lihat pada Website Galeri Proposal. Gunakan Fitur Penarian untuk menemukan Contoh Proposal yang kalian butuhkan

Galeri Proposal merupakan salah satu Website yang menyediakan aneka contoh proposal dengan disertai file master Microsoft Word yang bisa dengan mudah diedit tanpa perlu susah payah menyalin dan mengedit ulang teks dari suatu website yang terkandang tidak mudah dan bahkan ada sebagian yang tidak bisa disalin sehingga kalian perlu mengetik ulang.

Keyword: proposal, contoh proposal, contoh proposal penelitian, contoh proposal kegiatan, proposal penelitian, proposal kegiatan, contoh skripsi, pendahuluan dalam proposal berisi, proposal adalah, pengertian proposal, anggaran biaya dalam proposal berisi, contoh proposal skripsi, contoh proposal kegiatan sekolah, cara membuat proposal, kerangka proposal, contoh proposal pengajuan dana, proposal skripsi, contoh proposal lengkap, contoh proposal singkat, tujuan proposal, jenis jenis proposal, skripsi kualitatif, contoh proposal usaha makanan, bagian bagian proposal, audiens sasaran dalam , proposal berisi

Demikianlah Uraian Singkat Pengertian Proposal, Jenis-Jenis Proposal, Tujuan Pembuatan Proposal dan Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia. Semoga bisa menjadi reverensi bagi Anda yang sedang ingin membuat proposal, terima kasih atas kunjungannya.


Apabila pada proses Download Master File Ms.Word muncul notifikasi Anda Tidak Memiliki Akses Download silahkan Klick Minta Akses. Kami akan segera merespon, untuk fast respon silahkan hubungin kami melalui WhatsApp Chat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar