--> Skip to main content

Proposal Keativitas Mahasiswa Cherry Jowo Ice Cream

Ice Cream merupakan makanan yang banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Makanan ini dapat dikonsumsi di berbagai acara sebagai dessert maupun sebagai makanan sehari-hari. Olahan ice cream sangat beranekaragam rasa seperti coklat, vanilla, dan buah-buahan sedangkan bahan dasar ice cream menggunakan susu sapi. Karena mengandung susu, ice cream mengandung banyak protein, karbohidrat, dan kalsium. Hanya saja karena dalam pembuatan ice cream menggunakan gula, tak jarang beberapa kalangan menghindari makanan ini karena resiko yang ditimbulkan akibat penumpukan gula dalam darah.

Langkah awal untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memvariasikan komposisi ice cream mengingat konsumsi susu masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Variasi komposisi yang dimaksud berupa penambahan buah kersen dalam proses pembuatan ice cream. Buah Kersen atau talok adalah nama sejenis pohon dan buahnya yang kecil dan manis. Pohon kersen ini mudah dijumpai di Indonesia. Nama ilmiahnya adalah Muntingia calabura.

Selama ini pemanfaatan buah kersen hanya sebatas pada pembuatan jus maupun sirup sehingga keberadaannya kurang diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi pengolahan kersen yang dicampurkan dalam proses pembuatan ice cream. Perbedaan yang mendasar pada pengolahan kersen adalah bentuk sediaan yang berupa jus dan ekstrak. Pengolahan dalam bentuk jus kandungan gula dan karbohidrat dalam buah kersen masih tinggi namun apabila dalam bentuk ekstrak maka kandungan gula dan karbohidrat dapat diturunkan. Pemilihan buah kersen sebagai alternatif dalam variasi komposisi ice cream dilakukan mengingat jumlahnya yang melimpah karena tanaman ini dapat tumbuh di mana saja bahkan di daerah yang minim air sekalipun. Selain itu, buah ini mengandung banyak manfaat yang dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan mengobati penyakit asam urat yang banyak menyerang masyarakat Indonesia.

Asam urat sudah dikenal sejak 2.000 tahun yang lalu dan menjadi salah satu penyakit tertua yang dikenal manusia. Dulu, penyakit ini juga disebut "penyakit para raja" karena penyakit ini diasosiasikan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang enak-enak. Penyakit asam urat erat kaitannya dengan pola makan. Salah satu cara penyembuhan tentu dengan mengontrol asupan makanan. Jika pola makan tidak dirubah, kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menimbulkan penumpukan kristal asam urat. Apabila kristal terbentuk dalam cairan sendi, maka akan terjadi penyakit gout (asam urat).

Menurut data yang diperoleh dari Rumah Sakit Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, penderita penyakit gout dari tahun ketahun semakin meningkat dan terjadi kecenderungan diderita pada usia yang semakin muda. Hal ini tebukti dengan hasil rekam medik RSCM pada tahun 1993-1995 mengalami kenaikan yaitu pada tahun 1993 tercatat 18 kasus, pria 13 kasus dan wanita 5 kasus (1 kasus umur 2 - 25 tahun, 12 kasus umur 30-50 tahun, dan 5 kasus umur > 65 tahun). Pada tahun 1995 jumlah kasus yang tercatat adalah 46 kasus, 37 pria dan 9 wanita ( 2 kasus umur 2-25 tahun, 40 kasus umur 30-50 tahun dan 4 kasus umur > 65 tahun ). Jadi prevalensi kejadian gout lebih banyak terjadi antara umur 30-50 tahun.

Adapun gula darah atau biasa disebut dengan diabetes di Indonesia jumlahnyaa meningkat setiap tahun. Menurut survei yang dilakukan WHO, Indonesia menempati urutan ke-4 dengan jumlah penderita Diabetes Melitus (DM) terbesar di dunia setelah India, Cina dan Amerika Serikat. Dengan prevalensi 8,6% dari total penduduk, diperkirakan pada tahun 2025 terdapat 12,4 juta pengidap diabetes. Sedangkan dari data Departemen Kesehatan, jumlah pasien diabetes rawat inap maupun rawat jalan di rumah sakit menempati urutan pertama dari seluruh penyakit endokrin

Berikut ini Admin bagikan Contoh Proposal Keativitas Mahasiswa Cherry Jowo Ice Cream

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Terima Kasih Telah Berkunjung, Share Contoh Proposal dari GaleriProposal.Com kepada teman-teman atau Rekan Kerja Anda.


Apabila pada proses Download Master File Ms.Word muncul notifikasi Anda Tidak Memiliki Akses Download silahkan Klick Minta Akses. Kami akan segera merespon, untuk fast respon silahkan hubungin kami melalui WhatsApp Chat.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar