--> Skip to main content

Proposal Keativitas Mahasiswa Sosis Tebu

Tempe merupakan makanan tradisional indonesia yang memiliki gizi tinggi yang dibutuhkan bagi tubuh kita. Tempe dibuat melalui proses fermentasi dengan menumbuhkan kapang Rhizopus sp pada kedelai yang telah dikuliti dan dimasak. Pada umumnya masyarakat Indonesia mengkonsumsi tempe dengan cara digoreng. Tempe mengandung protein tinggi dan mengandung 8 asam amino esensial (Shurtleff dan Aoyagi, 1979); senyawa yang memiliki sifat anti toksin dan mengandung zat anti bakteri. Disamping itu kandungan lemak jenuh dan kolestrol tempe rendah, nilai gizi tinggi, mudah dicerna dan diserap, serta kandungan vitamin B12 tinggi (Steinkraus, 1996 ; Dewi, 2007).

Rebung adalah tunas muda dari pohon bambu yang tumbuh dari akar pohon bambu. Rebung tumbuh dibagian pangkal rumpun bambu dan biasanya dipenuhi oleh glugut (rambut bambu) yang gatal. Morfologi rebung berbentuk krucut, setiap ujung glugut memiliki bagian seperti ujung daun bambu, tetapi warnanya coklat. Komposisi rebung mentah per 100 g bagian yang dapat dimakan, 2,6% protein, 0,3% lemak, 5,2% karbohidrat, 91% air. Bagian ujung atas rebung mengandung lemak 800 g sedangkan bagian bawah 380 ml g/100 g rebung segar. Asam lemak utama adalah palmitat , linolenat dan linoleat (Purnamasari, 1996).

Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein dan 12 asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsi rebung secara teratur merupakan salah satu tindakan preventif untuk menghambat berbagai jenis penyakit seperti menurunkan kadar kolestrol jahat, mengurangi resiko kanker, menjaga kesehatan sel-sel, mengurangi resiko stoke, dan untuk prog diet. Serat pada rebung akan membuat perut terasa kenyang sehingga nafsu makan akan terkendali. Rebung mengandung lemak dan gula yang rendah sehingga sangat cocok sebagai penunjang diet alami. Jika dibandingkan dengan sayuran tropis lain seperti sawi, ketimun, kedelai, rebung memiliki serat jauh lebih banyak yakni sebanyak 2,56% (Rahayu, 2014).

Sosis yang selama ini biasanya dibuat dengan memanfaatkan protein hewani, dalam hal ini protein hewani diganti dengan protein nabati dari tempe dan juga diperkaya dengan serat dari rebung karena pada umumnya sosis yang dipasarkan tidak mengandung serat . Melihat dari alasan itu kami bermaksut untuk mengolah tempe dan rebung menjadi makan cepat saji yang kaya manfaat dan tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat. Diharapkan “Sosis Tebu” ini dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai makanan sehat yang kaya protein dan serat.

Berikut ini Admin bagikan Contoh Proposal Keativitas Mahasiswa Sosis Tebu Sebagai Peluang Usaha yang Inovatif

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Terima Kasih Telah Berkunjung, Share Contoh Proposal dari GaleriProposal.Com kepada teman-teman atau Rekan Kerja Anda.


Apabila pada proses Download Master File Ms.Word muncul notifikasi Anda Tidak Memiliki Akses Download silahkan Klick Minta Akses. Kami akan segera merespon, untuk fast respon silahkan hubungin kami melalui WhatsApp Chat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar