--> Skip to main content

Proposal Keativitas Mahasiswa Pemanfataan Daun Kelor Dan Biji Kelor

Kerupuk adalah suatu jenis makanan kering yang terbuat dari bahanbahan yang mengandung pati cukup tinggi. Pengertian lainnya menyebutkan bahwa kerupuk merupakan jenis makanan jenis makanan kecil yang mengalami pengembangan volume membentuk produk yang porus dan mempunyai densitas rendah selama proses penggorengan. Kelor merupakan bahan pangan yang memiliki banyak kegunaan mulai dari buah, daun hingga akar dapat digunakan sebagai obat tradisional dan juga memiliki kandungan gizi yang tinggi yang pastinya sangat baik jika dikonsumsi, apalagi kelor merupakan bahan pangan yang sangat disukai oleh seluruh kalangan, khususnya masyarakat Sulawesi Tengah.

Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap konsumsi tepung terigu cukup tinggi. Berbagai produk pangan yang diolah menggunakan tepung, sebagian besar menggunakan tepung terigu. Berdasarkan data BPS (2012) Indonesia pada tahun 2010 mengimpor terigu sebesar 69.489.302 kg, untuk tahun 2011 Indonesia mengimpor terigu 69.877.802 kg. Ini memperlihatkan perkembangan tingkat konsumsi produk gandum masyarakat per kapita dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Fuglie (2005) dalam Fifi Luthfiyah melaporkan bahwa cukup dengan 8 g serbuk daun kelor sehari dapat memberikan kontribusi zat gizi kepada balita (1-3 tahun), yaitu 14% protein, 40% kalsium, 23% besi dan hampir semua kebutuhan vitamin A. Sedangkan dalam 100 gr bubuk serbuk daun kelor, dapat memberikan lebih dari sepertiga kebutuhan kalsium, besi, protein, tembaga, beleran dan vitamin B wanita usia subur. Kelor merupakan jenis bahan makanan yang dapat disukai dan dijadikan bagian dari susunan menu diet masyarakat di Senegal, padahal di Afrika Barat seringkali sangat sulit memperkenalkan makanan baru bagi masyarakatnya. Hal ini membuktikan bahwa kelor merupakan bahan makanan yang mudah diterima dan memberikan manfaat besar bagi kesehatan.

Daun kelor mengandung unsur multi zat gizi mikro yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil seperti: beta carotene, thiamin (B1), Riboflavin (B2), niacin (B3), kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, seng, vitamin C, sehingga dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan status gizi ibu hamil. Tumbuhan ini mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia dan dapat dikonsumsi sebagai sumber makanan yang kaya akan protein, asam amino, mineral, dan vitamin. Dalam 100 gram daun kelor terdapat vitamin C setara 7 kali vitamin C yang ada dalam buah jeruk, 4 kali vitamin A dalam wortel, 4 kali kalsium dalam susu, 3 kali kalium dalam pisang, dan 2 kali protein dalam sebutir telur. Saat ini dibutuhkan berbagai macam bahan baku alternatif.

Salah satunya yaitu tepung dari daun kelor dan biji kelor. Keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan tepung daun kelor dan tepung biji kelor antara lain adalah memiliki nilai gizi yang tinggi, sangat bermanfaat untuk diberikan pada anak yang kekurangan gizi, biayanya sangat murah, bahkan tidak memerlukan biaya untuk memperolehnya, Masyarakat Sulawesi Tengah pada umumnya dan Layana Indah pada khususnya sudah sejak lama mengenal tumbuhan kelor sebagai makanan yang dapat diolah sebagai makanan sehari-hari sebagai lauk pelengkap.

Sayangnya masyarakat sekitar belum seluruhnya mengetahui bagaimana mengelolah tumbuhan kelor ini menjadi olahan bahan pangan lainnya. Oleh karena itu, penggunaan daun dan biji kelor sebagai alternatif pengganti tepung, bisa menjadi solusi yang paling tepat bagi masyarakat dalam menghemat biaya, bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat sekitar dalam mengelolah tumbuhan kelor ini sebagai bahan pangan lainnya seperti penggunaan tepung daun kelor dan biji kelor pada pembuatan kerupuk.

Berikut ini Admin bagikan Contoh Proposal Keativitas Mahasiswa Pemanfataan Daun Kelor Dan Biji Kelor Sebagai Pengganti Tepung Pada Pembuatan Kerupuk Yang Bernilai Gizi

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Terima Kasih Telah Berkunjung, Share Contoh Proposal dari GaleriProposal.Com kepada teman-teman atau Rekan Kerja Anda.


Apabila pada proses Download Master File Ms.Word muncul notifikasi Anda Tidak Memiliki Akses Download silahkan Klick Minta Akses. Kami akan segera merespon, untuk fast respon silahkan hubungin kami melalui WhatsApp Chat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar