-->

8 Contoh Proposal Sponsorship yang Menarik

Saat kita membuat suatu acara atau Kegiatan yang mengikutsertakan beberapa orang atau tidak, pasti memerlukan Biaya operasional. Nach Biaya operasional ini benar-benar bermanfaat untuk men-support satu acara atau Kegiatan supaya jalan secara lancar dan sama sesuai gagasan.

Untuk memperoleh Biaya operasional permodalan, secara umum dilaksanakan pungutan antara anggota atau peserta Kegiatan dan penelusuran sponsor dengan membuat proposal sponsorship. Dalam cari sponsor, kita sebagai Moment Organizer atau yang umum dikenali dengan pembikin acara harus memberi penawaran dan arah sama memperoleh Manfaat dalam proposal.

Pihak sponsor tidak berasa dirugikan karena dana yang dikeluarkan dipakai dengan seharusnya. Begitupun Pihak EO akan tertolong dengan sponsor yang telah diberi. Perihal ini pula yang hendak membuat kita sebagai EO dalam sebuah acara tidak berasa kesusahan cari sponsor karena beberapa Pihak sponsorship yakin jika kita team yang jujur.

Saat membuat contoh proposal sponsorship tentunya mempunyai beragam jenis arah. Adapun arah dari proposal sponsorship ialah seperti berikut:

  1. Untuk memperoleh dana dari Pihak sponsor.
  2. Untuk mendapat support akan satu Kegiatan yang hendak dikerjakan.
  3. Sebagai dasar pada suatu penerapan.
  4. Untuk memberitahukan hal poin penting untuk Pihak pihak dari satu Kegiatan.
  5. Untuk mendapat info satu Kegiatan yang dikerjakan.
  6. Untuk mempermudah pelaksana dalam memperoleh support info.

Dengan ketahui arah proposal sponsorship tentu saja semakin lebih mempermudah kita saat membuat contoh proposal sponsorship moment lomba misalkan.

Manfaat Proposal Sponsorship

Saat membuat proposal sponsorship mempunyai Manfaat salah satunya seperti berikut:

  • Sebagai gagasan untuk arahkan panitia dalam melakukan kegiatan atau Kegiatan yang hendak dikerjakan.
  • Sebagai media info ke beberapa pihak yang ingin ketahui Kegiatan yang hendak dikerjakan, info ini baik dikatakan secara tercatat atau tidak.
  • Untuk memberikan keyakinan beberapa sponsor agar mereka memberi support baik support material atau keuangan untuk merealisasikan Kegiatan yang sudah diperkirakan.

Besarnya Manfaat yang didapatkan dari contoh proposal sponsorship akan menolong kita saat membuat moment Kegiatan yang memerlukan support agak banyak.

Dengan demikian beban kerja kita sebagai panitia akan tertolong sekali karena ada contoh proposal sponsorship.

Langkah Membuat Proposal Sponsorship

"Saat membuat proposal sponsorship, sebaiknya kita bukan hanya memercayakan dana dari sponsor, tapi juga cari penghasilan lain supaya tidak tampil kesan-kesan yang aneh-aneh dari Pihak sponsor"

Saat sebelum kita mengulas lebih jauh berkenaan contoh proposal sponsorship, sebaiknya kita ketahui lebih dulu langkah membuat contoh proposal sponsorship tersebut.

Saat membuat proposal sponsorship kita harus memerhatikan beberapa hal berikut, yakni:

  • Memakai bahasa yang terang dan tegas, bukan bahasa yang bertele - tele hingga Pihak sponsor tidak ketidaktahuan membaca proposal kalian.
  • Menunjukkan keunggulan dari Kegiatan yang kita bikin dengan membuat perancangan Kegiatan yang dapat memuat beberapa orang atau peserta.
  • Ini akan membuat donatur mempunyai pemikiran dapat atau tidak beberapa peserta atau pengunjung beli produk punya sponsor. Contoh proposal sponsorship moment musik.
  • Tentukan wujud kerja-sama dengan Pihak sponsor. Kerja-sama dengan Pihak sponsor umumnya berbentuk menjualkan produk sponsor dengan sasaran tertentu.

Disamping itu kadang kerja sama itu berbentuk penempatan simbol merek atau merk sponsor di poster, banner, spanduk, dan lain-lain. Sebagai catatan saat cari sponsor. Bila anggaran biaya Kegiatan yang kita bikin memerlukan anggaran biaya yang lumayan besar, biaasanya Pihak sponsor atau donatur akan minta bolak-balik.

Dapat dengan menjualkan produk mereka dengan membangun stand di lokasi Kegiatan atau bisa saja beberapa sponsor berbentuk produk. Namun bila anggaran biaya Kegiatan yang kita bikin sedikit, karena itu umumnya Pihak sponsor atau donatur tidak menuntut bolak-balik yang besar.

Umumnya Pihak sponsor akan minta penempatan logonya atau merek di Kegiatan yang hendak kita kerjakan. Selain itu, saat membuat proposal sponsorship, kita tidak boleh bohong dan dibuat-buat Kegiatan yang muluk-muluk. Apa lagi membuat anggaran biaya Kegiatan yang dilebih-lebihkan dalam proposal. Kita lebih bagus membuat anggaran biaya dana dalam proposal sponsorship yang sesuai keperluan Kegiatan.

Ini karena umumnya Pihak sponsor akan minta Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Kegiatan dan berbelanja Kegiatan dari kita. Karena penghitungan uang perusahaan dibikin dengan benar-benar detil, karena itu bila kita tidak dapat memberikan laporan Kegiatan dan neraca keuangan, bukan mustahil kita akan dituntut oleh Pihak sponsor.

Beberapa langkah Membuat Proposal Sponsorship

Saat membuat contoh proposal sponsorship diperlukan beberapa langkah seperti berikut:

1. Bahasa yang dipakai harus santun, terang, polos dan detil.

Supaya proposal sponsorship yang kita bikin jadi menarik, karena itu kita harus membuat proposal sponsor dengan memakai terang, polos, santun dan tidak berbelit-belit supaya gampang dimengerti.

Saat membuat proposal sponsorship, kita harus pilih kosakata yang pas dan diupayakan tidak beberapa kesalahan pengetikan.

Pemakaian bahasa yang terang, polos dan tidak bertele-tela karena umumnya Pihak tujuan akan membaca secara scanning dulu,

Baru selanjutnya bila proposal sponsorship yang kita bikin dirasakan menarik dan pas dengan kemauan mereka, baik sebagai pribadi atau perusahaan, karena itu Pihak yang kita incar akan membaca ulang proposal sponsorship.

Selain itu Pihak perusahaan yang hendak kita beri proposal sponsorship juga telah banyak memperoleh pengajuan proposal.

Hingga kita harus membuat proposal sponsorship dengan detil dan tidak memunculkan banyak tanda pertanyaan dari Pihak sponsor dan pada akhirnya mereka tidak sangsi untuk memberi dana acara.

2. Membuat proposal yang lain dengan proposal seseorang.

Saat menulis proposal sponsorship untuk diperuntukkan ke perusahaan, yakinkan kita memberi penawaran menarik ke perusahaan tujuan.

Ini karena Pihak perusahaan tentunya sudah banyak terima proposal sponsorship dan umumnya cuman tertuju pada iya atau tidak memberi dana.

Oleh karena itu saat kita membuat proposal sponsorship, kita juga harus tawarkan bolak-balik yang mewakinkan seperti tampilkan merek perusahaan untuk iklan, pertanda pengenal, membuka stand atau bahkan juga mendatangkan maskot perusahaan pada acara itu.

Dengan demikian Pihak perusahaan akan suka hati meneruskan kerja sama Kegiatan sama kita sebagai pembikin acara Kegiatan.

3. Memberi tambahan atau kolom khusus untuk menulis kemauan sponsor.

Banyak orang dan kemungkinan beberapa dari kita saat ajukan proposal sponsorship telah mengamankan Pihak sponsor cuman memperoleh A, B,C, dan D saja.

Ini terkadang justru membuat Pihak perusahaan tidak ingin memberi dana ke EO.

Supaya proposal sponsorship yang kita bikin mempunyai kesempatan semakin besar untuk dilirik perusahaan, karena itu kita harus membuat proposal jadi berlainan dengan lainnya.

Kita harus memberi tambahan atau kolom khusus untuk menulis apa yang diharapkan sponsor atau perusahaan dalam acara yang kita bikin.

Dengan demikian proposal kita mempunyai kesempatan untuk terjadi kerja sama selanjutnya. Karena proposal sponsorship jarang yang open kesepakatan dengan Pihak sponsor.

4. Memperlihatkan profesionalitas dan totalitas pada pihak sponsor.

Buat kita yang baru dalam soal Moment Organizer atau EO, kita juga harus memperdalam ide acara secara intern atau dari dalam.

Kita jangan malu untuk belajar, membaca dan menanyakan ke pakarnya. Kita tidak dapat belajar pengalaman dari individu, karena tingkat kesuksesan dan keberhasilan kita masih tidak dapat diprediksikan.

Kita harus professional dengan belajar pada mereka yang telah pakar selanjutnya perhatikan, ikuti dan modifikasi baik proposal atau Kegiatannya.

Disamping itu kita harus mengikuti langkah mereka bekerja, fast tanggapan, aktif dan terus bergerak. Seterusnya kita juga harus memperlihatkan totalitas kita dalam bekerja membuat moment Kegiatan.

Ini akan membuat Pihak sponsor percaya sama kita dan kita memang patut untuk dipercaya dan mempunyai hak untuk terima dana acara dari contoh proposal sponsorship yang telah kita bikin.

Pola Penulisan Proposal Sponsorship

Sesudah kita bersama mengenali tata langkah dan beberapa langkah saat membuat proposal sponsorship, kita juga harus ketahui pola proposal sponsorship yang hendak kita bikin.

Untuk pola sponsorship sendiri ada beragam jenis. Berikut salah satunya pola contoh proposal sponsorship yang bisa kita dalami:

1. Halaman Judul / Cover

Pola pertama kali dalam pembikinan proposal sponsorship ialah halaman judul atau cover.

Seharusnya rekan-rekan membuat halaman judul dengan latar belakang putih. Kita harus juga sesuaikan font yang menjadi opsi branding Anda.

Selainnya memakai warna baground putih, kita bisa juga memakai baground warna biru untuk memperlihatkan kesan-kesan kejujuran.

Selanjutnya kita bisa juga memakai baground warna orange bila kita ingin menunjukkan kesan-kesan menariknya satu acara.

Tiap warna selalu bermakna tertentu. Oleh karena itu kita perlu pelajari lebih dulu dan pilih warna yang sesuai ide acara.

2. Latar Belakang

Pola setelah itu membuat background permasalahan yang memikat dan sesuai Kegiatan acara.

Bila background pembikinan Kegiatan kita memang sama sesuai dan menarik, karena itu Pihak sponsor bisa menjadi tertarik dengan Kegiatan acara yang hendak kita lakukan.

Dalam background sendiri terbagi dalam pendahuluan, isi, dan penutup, dan deskripsi sketsa mini acara yang hendak kita adakan.

Untuk membikin background sendiri seharusnya kita memakai sistem umum ke khusus.

Ini untuk mempermudah Pihak sponsor agar mengaitkan jika acara kita memang pas dengan branding mereka atau mungkin tidak.

3. Arah Kegiatan

Untuk membikin arah Kegiatan, kita harus menguraikan arah Kegiatan yang hendak kita bikin dengan detil.

Makin spesifik dan jelas arah dan pasar Kegiatannya maka semakin terbuka kesempatan Pihak sponsor untuk menyepakati proposal kita.

4. Nama dan Topik Kegiatan

Supaya Pihak sponsor jadi lebih percaya dengan Kegiatan yang hendak kita bikin, karena itu kita perlu, membuat nama dan topik Kegiatan yang sesuai background dan arah Kegiatan acara.

Untuk nama Kegiatan sendiri berperan sebagai sebuah gambaran singkat dan topik Kegiatan sebagai tujuan dari nama itu.

Bernama dan topik yang sama sesuai karena itu Pihak sponsor segera dapat memberi pemikiran dan penilaian penilaian acara yang kita bikin pas untuk produk dan merek awareness Pihak sponsor atau mungkin tidak

5. Wujud Kegiatan

Poin utama seterusnya yang perlu ada pada proposal sponsorship ialah wujud atau design Kegiatan.

Kita harus menerangkan dengan detail dan tuliskan selengkapnya Kegiatan apa yang hendak dilaksanakan. Kegiatan itu dapat berupa seminar, workshop, lomba seni, pameran lukisan, dan yang lain.

Dengan demikian karena itu Pihak sponsor akan ketahui Kegiatan apa yang hendak kita bikin hingga Pihak sponsor bisa memandang dan tidak ada kesan-kesan untuk jatuhkan Pihak sponsor nanti.

6. Peserta

Selainnya menerangkan wujud Kegiatan yang hendak jalan, kita harus juga tuliskan ada berapakah peserta yang datang dalam acara nanti.

Untuk memberikan keyakinan Pihak sponsor, kita dapat tuliskan minimum dan optimal peserta yang hendak datang dalam acara itu.

Penulisan peserta ini selainnya memberi deskripsi acara ke sponsor juga menolong kita dalam tentukan besaran Biaya yang kita perlukan pada acara itu.

7. Pelaksana

Supaya acara yang hendak kita bikin nanti tidak disebutkan fiktif atau gadungan, kita harus juga tuliskan pelaksana atau panitia eksekutor dalam acara itu dan siapa yang turut serta dan memiliki kepentingan didalamnya.

8. Agenda dan Lokasi Kegiatan

Selainnya menerangkan siapa pelaksana dan panitia yang turut serta, kita juga harus mengatakan hari, tanggal, waktu acara dan lokasi secara jelas.

Dengan agenda dan lokasi yang terang maka membuat Pihak sponsor jadi lebih gampang untuk memberi verifikasi kesiapan untuk berperan serta dalam acara yang hendak kita lakukan.

Selanjutnya bila terjadi suatu hal yang tidak tersangka seperti musibah alam, penangguhan acara dengan satu argumen yang kuat, karena itu kita harus secepat-cepatnya mengontak Pihak sponsor.

9. Formasi Kegiatan

Tahapan seterusnya kita harus menerangkan formasi Kegiatan dengan jelas dan mendalam, bahkan juga perkiraan waktu Kegiatan jalan pada pihak sponsor mulai awalnya sampai akhir.

11. Gagasan anggaran biaya

Hal yang jangan dilalaikan dalam pola pembikinan proposal ialah gagasan anggaran biaya Kegiatan. Untuk membikin gagasan anggaran biaya Kegiatan, kita harus membuat dengan detil dan tak perlu dilebih-lebihkan angkanya.

Bisa saja dengan anggaran biaya yang dibikin lebih justru akan membuat Pihak sponsor menarik diri untuk berperan pada acara yang hendak kita bikin nanti.

12. Penutup

Untuk membikin penutup, kita harus tuliskan perkataan terima kasih yang sebesarnya pada pihak sponsor dan permintaan maaf bila ada kekeliruan baik itu tersengaja atau tidak. Contoh Proposal Usaha.

Contoh Proposal Sponsorship

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini:

 KLICK TO DOWNLOAD 

Khusus untuk Dokumen file PDF agar bisa diedit silahkan convert terlebih dahulu ke Word, untuk tutorialnya silahkan simak pada postingan berikut ini: Tutorial Jitu Cara Convert Dokumen PDF dan JPG ke Ms. Word

Terima Kasih Telah Berkunjung, Share Contoh Proposal dari GaleriProposal.Com kepada teman-teman atau Rekan Kerja Anda.