-->

Pendahuluan dalam Proposal Berisi Apa Saja?

Proposal adalah gagasan yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan sistematis, matang, dan cermat yang dibuat saat sebelum melakukan kegiatan atau penelitian.

Bagian pendahuluan selalu ada di bagian depan dalam sebuah laporan, atau karya ilmiah. Pendahuluan umumnya disebutkan dengan latar belakang, dan berbeda dengan kata pengantar meskipun terletak di halaman muka dalam sebuah laporan.

Pendahuluan merupakan bagian awal dalam proposal yang berisi latar belakang atau alasan suatu kegiatan, usaha atau penelitian itu dilaksanakan. Di bagian pendahuluan ini, umumnya beberapa penulis ingin menerangkan sedikit mengenai bagaimana pada akhirnya penulis memilih sebuah topik, atau topik yang hendak diulas selanjutnya oleh penulis.

Bagian pendahuluan penting kehadirannya, karena bagian pendahuluan ditulis supaya pembaca bisa memahami sedikit mengenai laporan, atau karya ilmiah yang hendak dibaca. Agar bisa pahami bagaimanakah cara menulis pendahuluan, berikut ini adalah contoh pendahuluan proposal.

Contoh Pendahuluan Proposal Usaha


Judul : Proposal Usaha Pembuatan Makanan Beku

Latar Belakang

Kehidupan kota yang sangat sibuk menuntut semuanya orang yang tinggal di perkotaan untuk bergerak bisa lebih cepat. Banyak golongan muda, dan ibu-ibu yang bekerja di luar rumah tidak mempunyai waktu yang cukup, atau nyaris tidak memiliki waktu untuk memasak. Tidaklah aneh, banyak restaurant, dan tempat makan yang penuh saat waktu makan tiba.

Oleh karenanya, dibutuhkan jalan keluar yang efisien agar bisa menolong orang yang hidup di wilayah perkotaan untuk memperoleh makanan bergizi, dan fresh yang tidak memerlukan waktu banyak dan memiliki harga yang dapat dijangkau. Makanan beku memenuhi semua syarat itu. Tidak hanya itu, makanan beku dapat dipanaskan dari rumah, atau kantor hingga warga tak perlu harus tiba ke restaurant dalam periode wabah saat ini.

Misi

  • Menjadi pendahulu utama makanan beku yang sehat, dan alami di perkotaan.
  • Memberi kualitas tinggi untuk customer dengan memakai bahan baku sayur, dan daging organik.

Visi

  • Meningkatkan keamanan, dan keyakinan customer pada makanan beku.
  • Meningkatkan pemasaran dengan memakai tehnologi yang terkini, dan ekonomis.

Sasaran

Mengubah gaya hidup warga perkotaan yang secara cepat dengan makanan alami yang dibekukan, dan sediakan makanan beku yang memerhatikan ide nutrisi yang bagus, dan seimbang.

Strategi

  • Memperoleh ijin produk makanan beku, dan sertifikasi halal makanan beku.
  • Bekerja bersama dengan petani-petani organik di wilayah terdekat.
  • Bekerja bersama dengan penyuplai transportasi, khususnya transportasi cepat yang ekonomis pada proses pengiriman bahan baku, dan pembagian produk makanan beku.
  • Melakukan promosi langsung, dan tidak langsung, baik lewat baliho, sosial media, atau radio.

Kamu ingin melihat contoh proposal yang lain, dapat kamu lakukan dengan berkunjung bagian blog ini. Di situ ada pembahasan mengenai artikel yang lain kemungkinan dapat dipilih sesuai dengan selera topik yang suka kamu baca.