-->

2 Contoh Proposal Hukum Perdata pdf

Manusia sebagai makhluk sosial, makhluk yang selalu terkait dengan manusia yang lain. Tentu saja, saat menjalankan kehidupan sosial, memunculkan suatu hukum untuk mengatur kehidupan itu. jenis hukum itu disebut hukum perdata.

Hukum perdata sering disebut hukum sipil, karena kata ‘sipil' biasanya sebagai lawan kata dari ‘militer', karena itu istilah yang sering dipakai adalah ‘perdata'.

Hukum sebagai alat atau seperangkat aturan. Perdata sebagai penataan hak, harta benda dan suatu hal yang terkait di antara pribadi dengan tubuh hukum. Hukum perdata ialah ketentuan-ketentuan yang atur hak dan kewajiban seorang dalam warga.

Pengertian Hukum Perdata dan Contoh Hukum Perdata

Istilah hukum perdata ini datang dari bahasa Belanda ‘Burgerlijk Recht'. Hukum perdata sering dikenal dengan panggilan hukum private atau hukum sipil. Tetapi, istilah hukum perdata lebih umum dipakai sekarang ini.

Menurut Prof Subekti, hukum perdata adalah semua hukum private materiil berbentuk hukum dasar yang mengatur kebutuhan pribadi.

Menurut Prof. Sudikno, hukum perdata adalah keseluruhan ketentuan yang pelajari mengenai jalinan di antara pribadi yang satu sama pribadi yang lain, baik pada jalinan keluarga atau jalinan masyarakat luas.

Dan menurut Sri Sudewi Masjchoen Sofwan, hukum perdata adalah hukum yang atur kebutuhan masyarakat perorangan yang satu sama yang lain.

Hukum perdata di Indonesia terbagi dalam:

Hukum perdata adat. Ketetapan hukum yang mengatur jalinan pribadi dalam warga adat yang terkait dengan kebutuhan perorangan. ketentuan-ketentuan tradisi ini biasanya tidak tercatat dan berlaku turun-temurun di kehidupan warga adat tersebut.

Hukum perdata eropa. Ketetapan atau hukum-hukum yang atur jalinan hukum berkenaan kebutuhan beberapa orang Eropa.

Hukum perdata nasional. Bidang-bidang hukum sebagai hasil produk nasional. salah satunya sisi hukum perdata nasional ialah hukum perkawinan dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 dan Hukum Agraria dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960.

Contoh Proposal Hukum Perdata

Berikut ini contoh Proposal Hukum Perdata PDF

Dapatkan Master File melalui link berikut ini:KLICK TO DOWNLOAD  

Dapatkan Master File melalui link berikut ini:KLICK TO DOWNLOAD  

Khusus untuk Dokumen file PDF agar bisa diedit silahkan convert terlebih dahulu ke Word, untuk tutorialnya silahkan simak pada postingan berikut ini: Tutorial Jitu Cara Convert Dokumen PDF dan JPG ke Ms. Word

Terima Kasih Telah Berkunjung, Share Contoh Proposal dari GaleriProposal.Com kepada teman-teman atau Rekan Kerja Anda.