-->

Contoh Proposal Business Plan Keripik Usus Pepaya

Indonesia sangat kaya akan sumber daya tanaman holtikultural, termasuk aneka jenis tanaman buah-buahan. Salah satu jenis buah asal luar negeri (introduksi) yang telah lama berkembang dan ditanam di wilayah Nusantara adalah pepaya. Menurut sejarahnya, tanaman pepaya berasal dari Amerika Tengah. Beberapa literatur memastikan bahwa plasma nutfah tanaman papaya berasal dari Meksiko dan Costa Rica (Roybah, 2019).

Indonesia memiliki potensi untuk budidaya pepaya. Walaupun didukung hasil pertanian yang melimpah namun masyarakatnya belum mampu mengoptimalkan potensi daerah yang dimilikinya. Petani belum mampu merespon peluang pasar dan berinovasi dalam produksi dan pemasaran hasil pertaniannya.

Hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya teknologi tepat guna, kurangnya investasi dan keterbatasan akses petani terhadap informasi. Oleh karena itu diperlukan peningkatan akses petani terhadap informasi, dukungan pengembangan inovasi hasil panen pepaya serta upaya pemberdayaan petani melalui suatu pelatihan.

Guna meningkatkan nilai tambah dari buah pepaya, pepaya dapat dibuat menjadi berbagai produk makanan olahan atau cemilan. Jika dibandingkan dengan buah segarnya ternyata produk olahan mempunyai masa simpan yang panjang. Selain itu produk olahan buah pepaya ini memiliki nilai tambah lain karena bentuk dan tampilanya dapat dibuat menarik, mudah dikonsumsi, serta memiliki rasa yang sama dengan produk buah segarnya. Pengolahan pepaya menjadi produk-produk tertentu dapat memberikan beberapa macam keuntungan, antara lain sebagai berikut:

  1. Memberikan peluang besar yang baik bagi komoditas pertanian, khususnya papaya 
  2. Membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat 
  3. Meningkatkan pendapatan masyarakat 
  4. Merangsang pertumbuhan sektor ekonomi lain yang berkaitan.

Berdasarkan uraian di atas maka menarik kiranya untuk membuat suatu olahan produk dari pepaya yaitu keripik usus pepaya. Peningkatkan produksi keripik pepaya dilakukan dengan penyediaan bahan baku dan penggunaan mesin teknologi tepat guna, serta fasilitas perluasan pasar. Diversifikasi usaha dilakukan dengan pelatihan manajemen usaha termasuk didalamnya penyediaan mesin pengemas (packaging) untuk keripik usus pepaya.

Melalui upaya tersebut diharapkan akan memberikan nilai tambah dan mendatangkan margin euntungan yang lebih besar bagi para anggota kelompok. Pada gilirannya kesejahteraan anggota akan meningkat dan membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitarnya.

Dapatkan Master File melalui link berikut ini:KLICK TO DOWNLOAD  

Terima Kasih Telah Berkunjung, Share Contoh Proposal dari GaleriProposal.Com kepada teman-teman atau Rekan Kerja Anda.