-->

Proposal Penelitian, Pengertian, Fungsinya dan Contohnya

Contoh proposal Penelitian benar-benar dibutuhkan untuk mereka yang mengerjakan pekerjaan akhir seperti skripsi atau tesis. Mahasiswa di perguruan tinggi biasanya mencari contoh Penelitian itu sebagai rekomendasi untuk mengerjakannya.

Contoh proposal Penelitian yang baik bisa diketemukan di website jurnal ilmiah atau sejenisnya. Tetapi, document ini bisa juga diperoleh di perpustakaan umum di perguruan tinggi.

Struktur penulisan proposal Penelitian umumnya terbagi dalam pendahuluan, bagian isi dan ulasan, dan ringkasan. Tiap lembaga pendidikan mempunyai format penulisan proposal Penelitian yang tidak jauh berbeda.

Berikut contoh proposal Penelitian yang baik dan benar, dan bagaimanakah cara pembuatannya. Baca ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Proposal Penelitian?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata proposal mengarah pada rencana kerja yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Dan dalam pengertian sederhana, proposal Penelitian adalah gagasan kegiatan Penelitian yang diatur berbentuk rancangan kerja. Perancangan ini memaparkan bagaimana kegiatan Penelitian akan dilaksanakan nantinya.

Dari keterangan di atas, secara singkat proposal Penelitian disusun untuk memberikan deskripsi mengenai rancangan kegiatan Penelitian yang hendak dilaksanakan. Didalamnya berisi dari topik yang diputuskan sampai tesis untuk melakukan Penelitian. Bahkan juga sering RAB (Rencana Anggaran Biaya) tercantum.

Untuk orang yang berkarier di dunia pendidikan, seperti dosen contohnya pasti tidak asing dengan contoh proposal Penelitian. Mereka biasanya akan membuat document ini secara sistematis supaya memperoleh pendanaan. Hingga kegiatan Penelitian dapat berjalan lancar.

Pada tingkat mahasiswa, contoh proposal Penelitian juga benar-benar dibutuhkan. Terutamanya saat tengah mengerjakan sebuah karya ilmiah.

Dalam penyelesaiannya, seorang peneliti harus membuat document proposal Penelitian yang mudah dipahami tanpa mengaburkan intisari dari gagasan Penelitiannya. Ulasan seterusnya akan membahas fungsi dan susunan dari contoh proposal Penelitian secara umum.

Fungsi Proposal Penelitian

Pada umumnya proposal Penelitian dibuat untuk memaparkan rancangan Penelitian yang hendak dikerjakan dengan seorang peneliti. Umumnya jenis dan contoh proposal Penelitian terbagi dalam penelitian kualitatif, kuantitatif, dan lain-lain.

Contoh proposal Penelitian dapat didapat secara mudah di website dan perpustakaan yang banyak berisi tulisan karya ilmiah. Harus diingat, proposal Penelitian mempunyai fungsi khusus. Berikut fungsi dari contoh proposal Penelitian yang perlu diketahui:

Mendapat Persetujuan

Fungsi dan tujuan khusus ada proposal Penelitian untuk mendapat persetujuan dari lembaga atau sponsor yang akan memberikan permodalan.

Secara singkat, proposal Penelitian dibuat supaya peneliti memperoleh persetujuan hingga ia dapat melakukan Penelitiannya itu tanpa kendala dari pihak mana pun.

Memberikan Deskripsi Berkaitan Pokok Penelitian

Peranan proposal Penelitian selanjutnya untuk menyampaikan tujuan dan inti dari rencana Penelitian yang hendak dilaksanakan. Dalam masalah ini peneliti harus menyampaikan dengan jelas apa manfaat dan dampak yang ada, selesai Penelitian itu dilaksanakan.

Menerangkan Secara Keseluruhan Rencana Penelitian

Rencana Penelitian yang diatur pada proposal, harus dibuat dengan sistematis dan mudah dipahami. Tetapi, tidak menghilangkan intisari dari Penelitian itu.

Tujuan dan fungsi proposal Penelitian untuk menjelaskan tujuan keseluruhannya dari rencana yang telah dibuat. Hingga pihak yang hendak memberi persetujuan bisa mencerna secara baik rencana itu.

Fasilitas Untuk Memperoleh Keperluan Penelitian

Manfaat paling akhir untuk memperoleh fasilitas dan kebutuhan sepanjang Penelitian berjalan. Oleh karena itu, seorang peneliti harus membuat document proposal Penelitian yang bagus, supaya ia mampu memperoleh semua kebutuhan yang dibutuhkan untuk Penelitiannya kelak.

Susunan Penulisan Proposal Penelitian

Setelah pahami mengenai fungsi dari contoh proposal Penelitian, seorang peneliti harus pahami mengenai sistematika penulisannya.

Pada intinya tiap lembaga pendidikan dan semacamnya mempunyai sistem dan susunan penulisan proposal Penelitiannya sendiri. Akan tetapi, biasanya format itu hampir serupa. Lebih detilnya berikut sistematika penulisan proposal Penelitian yang umum:

Bagian Awalnya

Pada bagian awalnya proposal peneliti diwajibkan untuk membuat judul Penelitian dan pendahuluan. Berikut susunannya:

  • Judul Penelitian.
  • Pendahuluan
  • Latar belakang
  • Perumusan masalah.
  • Tujuan Penelitian.
  • Sasaran, keluaran, dan ruang lingkup/batas.
  • Tinjauan pustaka.
  • Perumusan tesis Penelitian (opsional).
  • Kerangka pikir.

Bagian ini penting untuk dibuat secara sistematis dan mudah dipahami. Hingga proposal Penelitian yang diajukan dapat diterima oleh pihak lembaga.

Bagian Isi

Bagian ke-2 adalah bagian isi, ini meliputi metode Penelitian yang mencakup:

  • Pendekatan Penelitian.
  • Variabel dan indikator.
  • Populasi dan contoh atau fokus dan lokus.
  • Teknik penghimpunan data.
  • Teknik pengolahan dan analisa data.
  • Subjek Penelitian.
  • Instrumen dan tahapan Penelitian (bisa disesuaikan dengan pendekatan Penelitian kualitatif, kuantitatif, atau Penelitian pengembangan).
  • Jadwal pelaksanaan Penelitian.
  • Rencana publikasi hasil Penelitian.

Bagian Penutup

Bagian ini sebagai bagian akhir dalam proposal Penelitian, didalamnya mencakup ulasan mengenai:

  • Daftar pustaka.
  • Lampiran yang terbagi dalam Lembar Legitimasi dari Pimpinan Instansi/Lembaga, Pernyataan
  • Dokumen bebas plagiarism.
  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Rencana Anggaran Biaya.

Itulah struktur penulisan dari contoh proposal Penelitian yang ada. Setelah itu mengulas mengenai contoh proposal yang baik dan benar.


Dapatkan Master File melalui link berikut ini: KLICK TO DOWNLOAD 

Terima Kasih Telah Berkunjung, Share Contoh Proposal dari GaleriProposal.Com kepada teman-teman atau Rekan Kerja Anda.

Demikian ulasan mengenai contoh proposal Penelitian. Selesai memahami ulasan yang telah diuraikan di atas mudah-mudahan Anda bisa membuat sekaligus membuat proposal Penelitian yang baik dan benar.