-->

4 Contoh Proposal Tentang Sampah

Sampah masih menjadi masalah yang meresahkan dan belum teratasi di Indonesia. Manusia dalam aktivitasnya hanya memanfaatkan sumber daya alam yang berasal dari lingkungan dan mengembalikan sisa hasil aktivitas (sampah) kembali lagi organik. Sampah dihasilkan oleh semua aktivitas manusia, baik dari proses industri, rumah sakit, pariwisata-perhotelan, dan juga dari rumah tangga yang merupakan pemasok sampah terbesar di daerah pemukiman. Berdasarkan data-data BPS pada tahun 2000 bahwa dari 384 kota yang menimbulkan sampah sebesar 80.235, 87 ton setiap hari, penanganan sampah yang diangkut organik dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir adalah sebesar 4,2 persen, yang dibakar 37,6 persen, yang dibuang ke sungai 4,9 persen, dan tidak tertangani sebesar 53,3 persen (Walhi, 2004).

Sampah didefinisikan sebagai segala sesuatu yang tidak lagi dikehendaki dan bersifat padat. Sampah ada yang mudah membusuk dan yang tidak mudah membusuk. Sampah yang mudah membusuk terutama terdiri dari zat-zat organik seperti sisa sayuran, sisa daging, daun, dan lain-lain. Sedangkan sampah yang tidak membusuk dapat berupa plastik, karet, logam, kertas, abu, ataupun bahan bahan bangunan bekas, dan lain-lain (Slamet, 2004).

Upaya pemerintah dalam menangani dan mengelola sampah rumah tangga, dilakukan antara lain dengan menyediakan berbagai tempat pembuangan sampah (sementara) dan mencari serta menetapkan lokasi tempat pembuangan sampah akhir (TPA). Namun pada kenyataannya pengelolaan sampah masih merupakan permasalahan yang belum dapat terselesaikan dengan baik.

Pengelolaan sampah dalam skala kecil terutama oleh masyarakat umumnya dilakukan dengan pembakaran, sedangkan dalam skala besar dilakukan dengan menetapkan berbagai tempat pembuangan sampah baik sementara (TPS) maupun akhir (TPA). Pengelolaan sampah dengan pembakaran dapat menimbulkan efek lanjutan bagi manusia karena terjadinya pencemaran udara dari asap dan bau. Sedangkan dengan sistem tempat pembuangan sampah memerlukan suatu lokasi terutama untuk TPA secara terus menerus. Penentuan dan perpindahan lokasi TPA ini seringkali menimbulkan masalah dengan masyarakat sekitar karena masyarakat tidak dapat menerima bahwa lingkungannya menjadi tercemar oleh sampah dan efek lanjutannya.


Dapatkan Master File melalui link berikut ini: KLICK TO DOWNLOAD 
Dapatkan Master File melalui link berikut ini: KLICK TO DOWNLOAD 
Dapatkan Master File melalui link berikut ini: KLICK TO DOWNLOAD 
Dapatkan Master File melalui link berikut ini: KLICK TO DOWNLOAD 

Tag : proposal karang taruna 17 agustus pdf, proposal karang taruna 17 agustus doc, contoh proposal kegiatan 17 agustus di masyarakat pdf, contoh proposal pengajuan dana 17 agustus doc, contoh proposal kegiatan 17 agustus di masyarakat, download proposal 17 agustus karang taruna doc, proposal 17 agustus tingkat rt pdf, proposal 17 agustus tingkat desa

Terima Kasih Telah Berkunjung, Share Contoh Proposal dari GaleriProposal.Com kepada teman-teman atau Rekan Kerja Anda.